Backpacker ke Bali Naik Kereta

Punya rencana liburan backpacker ke Bali menggunakan kereta api pastinya bisa dilakukan oleh para pecinta backpacker. Buat kalian yang senang backpacker simak artikel perjalanan saya backpacker ke bali menggunakan kereta api dari Yogyakarta. Apa saja yang harus dipersiapkan yuk simak artikel ini.

Perjalanan Backpacker ke Bali naik kereta dimulai dari Yogyakarta, perjalanan ini saya mengajak Ibu saya untuk menjelajah ke ujung pulau jawa. Lalu apa saja yang harus saya perisiapkan?

Persiapan yang harus disiapkan :

1. Tiket Kereta Api dari Yogyakarta – St. Ketapang (Banyuwangi Baru)
  2. Hasil Rapid Test (simak peraturan baru 2021 antigen via jalur darat H-3)
  3. Perbekalan makan dan minum untuk di kereta
  4. masker dan hand sanitiser
  5. KTP
  6. Uang cash secukupnya
Tiba di Stasiun Ketapang

hal pertama yang wajib kalian lakukan sebelum melakukan perjalanan di masa transisi ini adalah melakukan Rapid Test, Rapid Test bisa dilakukan di stasiun dengan tarif 85.000. Lalu perisapkan membeli tiket jauh-jauh hari. Saya memesan kereta api dari Yogyakarta menuju Stasiun Ketapang 1 minggu sebelum berangkat.

Kereta untuk menuju ke Stasiun Ketapang ada 2 pilihan, yaitu dengan kereta ekonomi atau menggunakan kereta eksekutif. Mengingat saya mengajak Ibu saya, saya memutuskan untuk menggunakan kereta eksekutif yang jauh lebih nyaman dengan waktu tempuh 12 jam. Jika kalian ingin mengehemat budget bisa menggunakan KA. Sri Tanjung berangkat pukul 07.30 wib dari St. Lempuyangan dengan waktu tempuh 15 jam dan tarifnya IDR 90.000.

harga tiket eksekutif KA. Wijayakusuma adalah IDR 360.000 , karena perjalanan 12 jam jadi saya pilih yang nyaman selama berada di kereta. KA Wijayakusuma tiba di St. Ketapang pukul 07.00 wib, dan saya segera melanjutkan perjalanan menggunakan Kapal Fery dari Pelabuhan Ketapang. Pelabuhan ketapang berjarak 500 meter dari St. Ketapang, cukup jalan kaki 10 menit saja. informasi penting yang wajib kalian ketahui adalah sekarang pembelian tiket kapal ferry sudah online dengan menggunakan aplikasi ferizy atau di www.ferizy.com

Backpacker ke Bali
Jarak dari Stasiun Ketapang Menuju Pelabuan Ketapang Hanya 500m
Loket Penukaran Tiket Kapal untuk Menyebrang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali

harga tiket kapal fery menuju ke Pelabuhan Gilimanuk adalah IDR 8.500 dengan waktu tempuh 45 menit dengan pemandangan gunung yang indah dari atas kapal ferry. Tidak terasa jam di HP saya sudah berubah 1 jam lebih cepat dan masuk di waktu indonesia tengah, dan saya sudah memasuki Pelabuhan Gilimanuk Bali. Baca juga liburan ke Derawan dengan budget share cost

Situasi Pelabuhan Ketapang saat Pandemic November 2020
Bangku Penumpang Kapal sudah Social Distancing
Pemandangan Indah Saat Menyebrang dari Ketapang – Gilimanuk

Perjalanan Saya masih panjang untuk bisa mencapai daerah Kuta, kira-kira 4,5 jam lagi untuk sampai di Kuta. Setiba di Pelabuhan Gilimanuk langsung menuju ke pintu keluar untuk pengecekan hasil Rapid Test. Saat di pintu keluar sudah banyak calo yang menawarkan kendaraan untuk menuju detinasi tujuan kalian di Bali, namun kalian bisa menolak secara halus dan bisa langsung menuju ke arah terminal bus saja.

Di terminal hanya berjalan kaki 200 meter dari pintu keluar, sudah ada bus-bus untuk menuju ke terminal Ubung. Tarifnya untuk Bus AC sekitar IDR 70.000 dan untuk bus biasa harganya IDR 40.000. Saya tiba pukul 09.30 WITA di terminal, namun bus AC baru akan berangkat jam 12.00 WITA. Tidak mau menunggu lama, saya menawar bus biasa tanpa AC untuk diantarkan langsung ke hotel Best Western Kuta dengan harga IDR 300.000.

Tempat Pengecekan Dokumen Rapid Test
Carter Bus Menuju Best Western Kuta

Bus yang Saya carter langsung tancap gas menuju tujuan saya yaitu ke Kuta, dengan waktu tempuh 4,5 jam. Perjalanan cukup panjang akhirnya kami tiba di hotel pukul 14.30 WITA dan langsung check in hotel untuk istirahat.

Buat kalian yang memilih untuk liburan backpacker ke Bali menggunakan kereta, diharapkan dalam kondisi fit agar perjalanan kalian nyaman dan tetap gunakan protokol kesehatan.

Kesimpulan

Bagi kalian yang berencana menuju ke Bali via jalur darat siapkan kondisi fit juga mengikuti protap kesehatan, jangan lupa untuk melakukan Rapid Test Antigen. Lakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket. Alternatif ke Bali dengan kereta dari Jogja merupakan pilihan terbaik untuk menghemat budget dibandingkan dengan naik pesawat, jauh lebih murah dengan kereta walau akan memakan waktu banyak.