Karimun Jawa Liburan ke Menjangan Resort

Ayunan Besar di Pulau Menjangan Karimun Jawa
Ayunan besar di Pulau Menjangan Kecil

Pulau Karimun Jawa terletak di kepulauan di laut Jawa yang termasuk dalam kabupaten Jepara Jawa Tengah , dengan luas daratan kurang lebih 1.500 hektare dan luas perairan laut kurang lebih 110.000 hektare. Yang saat ini dikembangkan menjadi tempat wisata terutama wisata taman lautnya yang banyak digemari oleh wisatawan lokal dan asing.

Dermaga Kayu Menjangan Resort
sunset Karimun Jawa
Sunset terbaik di Menjangan Resort – Karimun Jawa

Saya memutuskan pergi ke Karimun Jawa pada libur lebaran dan menginap di Menjangan Resort, bulan Juni 2019 kemarin. Tepatnya H+2 Hari Raya Idul Fitri, pergi menggunkan bus Bejeu tujuan jepara yang sudah saya pesan melalui WA 1 bulan sebelumnya agar menghindari habisnya tiket saat lebaran hari kedua. Bus Bejeu berangkat dari PO Lebak Bulus pukul 16.30WIB.

Dengan menggunakan Bus Bejeu ini lebih hemat waktu karena langsung diturunkan di alun-alun Jepara, cara lain menuju ke Pulau Karimun Jawa bisa menggunakan kereta dari Jakarta dan turun di Semarang, namun harus naik bus lagi menuju Jepara kurang lebih 2 jam. Saran saya lebih hemat dengan menggunakan Bus saja, selain dapat makan malam Bus Bejeu ini sudah dilengkapi dengan toilet, kursi kelas Executive dilengkapi dengan AC, selimut dan port usb untuk charge ponsel anda. Saya tiba di alun alun jepara pukul 02.30WIB dini hari kira-kira 7 jam, perjalanan dimulai pukul 16.30WIB.

Tiba di alun alun Jepara saya sudah dihampiri oleh Bapak pengayuh becak, dan menawarkan jasanya untuk mengantar saya menuju ke Pelabuhan Kartini Jepara. Biaya becak ini 40.000 karena jarak dari alun-alun menuju Pelabuhan lumayan jauh, dan kasihan si bapak sudah agak tua juga jadi saya tidak menawar harga.

Tiket Kapal Express Bahari Menuju Karimun Jawa
Tiket kapal Express Bahari menuju Pulau Karimun Jawa

Ternyata di lebaran kedua ini pengunjungnya sangat banyak sekali, mereka sudah ada sejak malam hari. karena waktu masih jam 03.00WIB dan loket belum dibuka, saya menunggu di warung dekat dengan parkiran untuk membeli kopi dan makan Indomie. Loket tiket Express Bahari ini dibuka pukul 07.00WIB dan saya tekankan untuk membeli secara online dan pesan 1 bulan sebelumnya, saya memilih Express Bahari karena kapal cepat ini memiliki fasilitas yang bagus seperti AC, Tv, Kamar Mandi, Ruang Executive dan VIP. Kapal Express Bahari menuju Pulau Karimun Jawa waktu tempuhnya hanya 2 jam, dibandingkan dengan Kapal KM Muria Kelas Ekonomi waktu tempuhnya 4 jam.

Pukul 08.00WIB kapal saya berangkat dan tiba di Pulau Karimun Jawa pukul 10.00WIB, sampai di Pelabuhan Karimun Jawa sudah di jemput oleh driver dari Menjangan Resort. Saya ingatkan kembali tips nya agar memesan kamar di Menjangan Resort ini 1 bulan sebelumnya, dan persipakan juga itinerary kalian agar liburan tidak berantakan. Baca juga cara backapacker ke Pulau Derawan

Pelabuhan Rakyat di Pulau Karimun Jawa
Pelabuhan Rakyat di Karimun Jawa untuk menyebrang ke Menjangan Resort

Perjalanan saya dilanjutkan dengan menuju ke Pelabuhan Rakyat dekat dengan alun-alun Karimun Jawa, dari sini saya menggunakn kapal kecil untuk menuju pulau Menjangan Kecil. Di Pulau Menjangan inilah resort tempat saya tinggal, untuk 2 hari kedepan di Menjangan Resort.

Cottage di Menjangan Resort Karimun Jawa
Menu makan siang di Menjangan Resort dengan harga yang ramah di kantong
Menjangan resort Karimun Jawa
Pohon unik dan instagramable di Menjangan Resort
Pulau Menjangan Karimun Jawa
Kalian gak akan tahan liat air laut disini jernih

Menjangan Resort ini memiliki cottage-cottage (non-ac) di depan pantainya, fasilitas yang ditawarkan seperti snorkeling, island hoping, canoeing, cafe, penangkaran hiu, dan terdapat juga ikan-ikan jenis lainnya. Untuk makanan disini harganya relatif murah dan banyak variasi, fasilitas listrik baru mulai dinyalakan mulai pukul 18.00-06.00WIB. Jangan khawatir soal sinyal disini menggunakan Telkomsel sinyalnya cukup kuat untuk akses internet.

sunset terbaik di Menjangan Resort
Sunset yang tidak pernah terlupa di Menjangan Resort
Pemadangan pantai di Karimun Jawa
Pemandangan Pantai dari depan Cottage
Bersantai di pinggir pantai dengan Gazebo yang tersedia di Menjangan Resort
Pantai berpasir putih di Menjangan Resort

Selama 2 hari Menjangan Resort ini saya banyak menghabiskan waktu dengan main di pantai, menikmati sunrise & sunset, snorkeling , dan melihat ikan hiu jawa. Menurut saya puas sekali menginap di Menjangan Resort staff yang ramah dan keindaahan di Pulau ini selalu terkenang, rasanya tahun depan ingin kembali lagi ke Menjangan Resort.

Kesimpulan

Kesimpulan dari liburan di Pulau Karimun Jawa, dengan budget ala backpacker saya bisa lebih menghemat, pulau Menjangan Resort dengan keindahan pantai dan taman bawah lautnya membuat saya ingin kembali lagi. over all libur lebaran ini menjadi sangat terkesan dengan Karimun Jawa. Saya mengucapkan terimakasih juga kepada partner saya Robert yang sudah mengajak dan merekomendasikan pergi ke Pulau Karimun Jawa. selanjutnya saya akan menuliskan cerita apa saja yang bisa kalian explore selama di Pulau Karimun Jawa.

Rincian Budget

1. Bus Bejeu Executive 450.000 (peak season) dan 250.000 (low season) reservasi dengan Mba Tari 0812 9096 9369
  2. Kapal Express Bahari Executive 324.000 (pp) reservasi 0813 5067 9768 /0811 789 200