Budget Backpacker “one day trip” ke Nusa Penida

Pulau Nusa Penida, Bali saat ini namanya sedang mendunia, dengan kekayaan alam yang dimiliki yang begitu indah menjadi incaran para traveler asing ataupun dalam negeri. Bali juga sudah dinobatkan menjadi destinasi terbaik di dunia oleh Trip Advisor, jadi sudah tidak salah lagi berlibur ke Bali menjadi destinasi terbaik. Bagi backpacker dengan budget rendah untuk ke Nusa Penida sepertinya sangat tertarik sekali, dengan uang 500.000 saya bisa menjelajah ke Nusa Penida, menarik bukan?


Buat saya berlibur di Bali sudah tidak asing mendengar daerah seperti Kuta, Legian, Seminyak, Canggu, Ubud, dan Kintamani pada kesempatan liburan bulan Mei 2017 lalu, saya mencoba berlibur untuk menjelajah Pulau Nusa Penida, Bali. Karena saya adalah seorang backpacker jadi saya meminimkan budget, untuk berlibur di Pulau Nusa Penida.

Kelingking Point Nusa Penida, Bali

Siapkan budget sebesar 500.000 untuk ke Nusa Penida. Perjalanan di mulai pagi hari untuk menyebrang ke Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur, pemberangkatan pertama pukul 08.00 wita dengan menggunakan Fast Boat  Dwi Manunggal. Tiket peroang dikenakan 100.000 untuk wisatawan, dan untuk warga lokal bali dikenakan 75.000, saya sarankan datang lebih pagi pukul 07.00 wita di Pelabuhan agar tidak kehabisan tiket dan juga menghemat waktu. Pukul 07.45 wita semua penumpang mulai masuk kedalam Boat dan tepat pukul 08.00 wita, fast boat mulai berangkat dengan waktu tempuh paling cepat 45 menit tergantung kondisi ombak. 


Tidak terasa akhirnya tiba di Pelabuhan Toya Pakeh Nusa Penida, dan saya menunggu motor yang sudah saya sewa di hari sebelumnya dari Ibu Siti pemiliki “Home Stay Tenang”. Saya menyewa motor dengan harga 60.000/hari cukup murah kan, di Pulau Nusa Penida sudah terdapat dua arah destinasi yaitu timur (Pantai Atuh, Pulau Seribu, Rumah Pohon, Pantai Suwehan, Mata Air Peguyangan, Bukit Teletubis) & barat (Kelingking Point, Broken Beach, Angles Bilabong, dan  Pantai Crystal Bay) masing-masing daerah memiliki destinasi terkenal yang foto-fotonya sedang ramai di Instagram.


Pada tulisan ini saya memberikan arahan apabila anda ke Nusa Penida dan hanya memiliki one day trip saja,  saya sarankan bisa menuju ke arah barat dahulu. Jalan utama di Nusa Penida sudah bagus dengan aspal, dan petunjuk jalan yang tersedia sangat membantu wisatawan yang berpergian solo traveler. Sebelum memulai perjalanan ke barat ada baiknya mengisi bensin penuh terlebih dahulu, tidak usah khawatir di Nusa Penida sudah ada Pom Bensin dan juga banyak pedagang eceran yang menjual bensin.  Tujan Pertama mengunjungi Kelingking Point yang paling terkenal di Nusa Penida, perjalanan memakan waktu 1,5 jam dari pelabuhan dengan jalanan menanjak dan turunan berbekal petunjuk jalan yang ada akhirnya tiba di Kelingking Point dengan tiket masuk  5.000. Pemandangan yang luar biasa  dari atas melihat keindahan seperti bukit yang berdiri tinggi di atas laut, Kelingking Point memiliki pesisir pantai di bawahnya dan untuk menuju ke bawah membutuhkan waktu hampir 1 jam untuk tiba di pantainya dengan tangga-tangga yang sudah di buat untuk turun ke pantai.

 

Agar menghemat waktu tidak perlu untuk turun kebawah ke Pantai Kelingking karena selanjutnya Anda memiliki perjalanan ke Broken Beach dan Angles Bilabong yang sudah terkenal di Nusa Penida. Dari Kelingking Point Menuju ke Broken Beach hanya 30 menit karena tidak berjauhan letaknya, ikuti petunjuk jalan yang sudah ada dengan kondisi jalan utama yang masih bagus. Namun setelah jalan utama saat sudah berbelok masuk menuju jalan ke Broken Beach, jalannya sudah berbatu-batu dan kondisi jalan rusak mengharuskan untuk berhati-hati mengendarai motor agar tidak terjatuh. Rintangan sudah terlewati dan anda akan tiba di tempat parkir dan cukup membayar parkir motor saja 5.000, dari parkiran berjalan 3 menit dan langsung di sambut dengan pemandangan yang keren sekali.

Broken Beach

 

Pemandangan laut yang berbentuk lingkaran dengan batu karang besar yang bolong di bagian tengahnya terlihat seperti gerbang besar menjadi daya tarik di Broken Beach. Sempatkan makan siang dahulu di warung yang ada, anda bisa memesan nasi dengan ayam goreng penyet seharga 25.000 dan minuman 5.000 sebelum mengambil foto-foto . Broken Beach atau dikenal dengan nama Pasih Uug menjadi pilihan menarik untuk di kunjungi, tidak jauh dari Broken Beach saya berjalan kaki 5 menit untuk menuju Angles Bilabong.

Sudah ada petunjuk jalan untuk menuju Angles Bilabong, di Angles Bilabong kita bisa melihat laguna dengan pemandangan laut dan batu karang besar. Harus di ingat apabila kondisi ombak sedang besar maka tidak di perbolehkan turun ke Angles Bilabong, karena sangat berbahaya apabila tiba-tiba ombak besar datang. Cukup puas bisa berfoto-foto di Angles Bilabong, anda segera melanjutkan destinasi selanutnya yaitu Pantai Crystal Bay.

Perjalanan terakhir selanjutnya menuju Pantai Crystal Bay yang satu arah untuk menuju jalan ke Pelabuhan Toya Pakeh, waktu tempuh sekitar 40 menit untuk menuju Pantai ini. Di Pantai Crystal Bay hanya membayar parkir 5.000, pasir putih dengan pemandangan laut yang indah, sangat cocok sekali untuk bersantai di pinggir pantai menikmati es kelapa dingin. Mendengar deburan ombak dan angin pantai membuat anda enggan untuk meninggalkan pantai ini, bersantai sejenak untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan pulang ke Pelabuhan Toya Pakeh. Pantai Crystal Bay ini menjadi perjalanan terkahir anda di one day trip ke Nusa Penida, agar tidak tertinggal fast boat saya sarankan sebelum pukul 15.00 wita anda sudah berada di Pelabuhan Toya Pakeh untuk kembali ke Pelabuhan Sanur.

Pemandangan Sunset di Pantai Crystal Bay

 

Buat anda yang gemar traveling dengan budget backpacker dan tidak memiliki waktu lebih untuk berjelajah di Nusa Penida, pilihan menuju ke arah barat saya rasa tidak ada salahnya untuk melihat sebagian ke indahan yang ada di Pulau Nusa Penida, Bali.


 Budget one day trip Nusa Penida :

  1. Tiket Fast Boat (PP) 200.000
  2. Sewa motor 60.000
  3. Bensin 25.000
  4. Tiket parkir (3 lokasi) 15.000
  5. Makan siang 30.000

total keseluruhan 330.000

07 comments on “Budget Backpacker “one day trip” ke Nusa Penida

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *